Selasa, 11 Juli 2023

IHT Review KOSP dan KTSP dan Implementasi IKM

Post oleh : braneda | Rilis : 07.18 | Series :

 


Dalam rangka menyambut kedatangan tahun ajaran baru 2023/2024, SMP N 2 Brangsong menyiapkan kurikulum  yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran selama setahun yang akan datang. Karena masih ada kurikulum yang berlaku, maka SMP N 2 Brangsong menyiapkan KOSP untuk Kurikulum Merdeka dan KTSP untuk Kurikulum 2013.

Pada tahap awal persiapan tahun ajaran, sekolah harus mengadakan review KOSP dan KTSP tahun pelajaran sebelumnya. Tujuan dari review adalah untuk memperbaiki atau menyesuaikan kondisi yang akan dihadapi satu tahun yang akan datang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Juli 2023 bertempat di ruang kelas 9A, secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Bp. Drs. Ferinando Rad Bonay. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan agar sekolah selalu bisa menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi, terutama dibidang pendidikan, agar sesuai dengan alur yang telah ditentukan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Emas.

Adapun review KOSP dan KTSP disampaikan oleh pengawas SMP N 2 Brangsong, Bp. Drs Sutedjo, M.Si. Pada paparannya, mengeingatkan hal hal penting apa yang harus diperhatikan dalam dokumen KOSP maupun KTSP, kaitannya dengan dicabutnya status pandemi Covid-19.

Setelah review KOSP dan KTSP, kegiatan dilanjutkan dengan paparan implementasi pembelajaran dan asesmen Kurikulum Merdeka. Sebagai narasumber untuk berbagi praktik baik, disampaikan oleh Bp. Sopuan, S.Sos.I, Gr. guru SMP N 4 Cepiring.  Kemudian dilanjutkan dengan berbagi praktik baik pelaksanaan P5 yang disampaikan oleh Ibu Budi Sulistyowati, S.Pd. Dari dua kegiatan terakhir, maka dapat diketahui beberapa pengalaman pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP N 4 Cepiring yang dapat dicontoh untuk dilaksanakan di SMP N 2 Brangsong.







google+

linkedin